Algoritma Merupakan Jantung Ilmu Informatika

38 sec read

Algoritma ialah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu computer yang diacu dalam terminologi algoritma. Namun, jangan beranggapan algoritma selaluidentik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-haripun banyak terdapatproses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Cara-cara menciptakan camilan elok atau kuliner yangdinyatakan dalam suatu resep juga sanggup disebut sebagai algoritma. Pada setiap resep selaluada urutan langkah-lankah menciptakan masakan. Bila langkah-langkahnya tidak logis, tidakdapat dihasilkan kuliner yang diinginkan. Ibu-ibu yang mencoba suatu resep masakanakan membaca satu per satu langkah-langkah pembuatannya kemudian ia mengerjakan prosessesuai yang ia baca. Secara umum, pihak (benda) yang mengerjakan proses disebutpemroses (processor). Pemroses tersebut sanggup berupa manusia, komputer, robot atau alatalatelektronik lainnya. Pemroses melaksanakan suatu proses dengan melaksanakan atau“mengeksekusi” algoritma yang menjabarkan proses tersebut.

Melaksanakan Algoritma berarti mengerjakan langkah-langkah di dalam Algoritmatersebut. Pemroses mengerjakan proses sesuai dengan algoritma yang diberikan kepadanya.Juru masak menciptakan camilan elok menurut resep yang diberikan kepadanya, pianis memainkanlagu menurut papan not balok. Karena itu suatu Algoritma harus dinyatakan dalambentuk yang sanggup dimengerti oleh pemroses. Kaprikornus suatu pemroses harus :

  • Mengerti setiap langkah dalam Algoritma.
  • Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.

Notasi Algoritma Independen Terhadap Bahasa Pemrograman Dan Mesin Komputer

Notasi Algoritma sanggup diterjemahkan ke dalam banyak sekali bahasa pemrograman.Analoginya sama dengan resep menciptakan kue. Sebuah resep sanggup ditulis dalam bahasaapapun dan hasilnya akan...
admin
28 sec read