Mengenal Susila Berbusana Dalam Dunia Fashion

Di Fashion 18 views
Dunia fashion Indonesia terus berkembang. Puluhan bahkan ratusan desainer terus melahirkan karya-karya terbaru mereka demi memenuhi hasrat kreativitas yang tiada henti dan ajakan masyarakat yang cukup tinggi. Masyarakat dari aneka macam kalangan tentu saja mempunyai standar tersendiri untuk memilih pakaian, brand, bahkan harga pakaian yang mereka mau. Sama menyerupai kamu, terlalu gampang mendapat pakaian disekelilingmu.
Pernahkah kau memikirkan siapa orang-orang dibalik pakaian yang kau kenakan? Bukan ihwal siapa desainernya, tapi ihwal siapa yang mengolah materi baku menjadi seutas tali, sehelai kain, dan sepasang pakaian. Lain lagi jikalau membahas pada duduk perkara tren dan desain rancangan. Siapa saja yang bekerja hingga terwujudnya pergelaran busana yang spektakuler? Lagi lagi, hanya merk atau desainer yang menjadi sorotan, padahal perhelatan tersebut tidak akan terselenggara tanpa sumbangan banyak pihak di belakangnya.
Sumber foto: ClozetteCrew
Saat ini masih belum banyak orang-orang yang memerhatikan budpekerti dalam dunia fashion. Namun, beberapa desainer dan merk tanah air mulai mengatakan kepedulian terhadap ethical fashion seperti Ali Charisma (National Chairman IFC), Lenny Agustine (pelaku fashion dan ketua International Ethical Fashion), Bai Soemarlono, Sadikin Gani (pengamat ethical fashion), dan Euis Saedah (Dakranas).
Tidak hingga di sini saja, mengusung tema talkshow dan media gathering “Moving Together in Fashion Ethic”, Indonesia Fashion Chamber dan Traya Indonesia akan menggelar perhelatan International Ethical Fashion pada 17-20 November 2016 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC).

Mata rantai dalam industri fashion memang sangat kompleks. Proses produksi saja sudah melibatkan petani dikala penanaman kapas kemudian dipintal menjadi benang, ditenun, dijahit hingga menjadi busana siap pakai oleh perusahaan garmen. Proses ini kembali dipertanyakan. Apakah sudah berjalan dengan sesuai dan apakah sudah memakmurkan seluruh pihak yang terlibat?

Sumber foto: @iethicalfashion
Hal ini memicu lahirnya sebuah forum, yaitu Ethical Fashion Forum untuk merumuskan konsep ethical fashion sebagai proses produksi dengan pendekatan yang memaksimalkan manfaat kepada banyak orang dan komunitas serta mengurangi imbas jelek terhadap lingkungan. 
Tidak banyak yang mengetahui kenyataan pahit bahwa produk merk ternama dengan harga setinggi langit justru diproduksi di negara-negara miskin dengan upah buruh yang sangat rendah. Kondisi ini tidak lepas dari kehadiran fast fashion yang mengutamakan pergantian mode dan produksi besar dalam setiap jenis item yang dibuat. Bisnis fast fashion ini sendiri lebih mengutamakan peningkatan kapasitas dan percepatan produksi daripada kualitas. Beberapa merk terkenal yang menganut model bisnis ini, ialah Zara, H&M, Forever21, dan Topshop.
Sumber foto: @iethicalfashion
Tanpa disadari, kaum buruh sekaligus konsumen terkena imbas serangat fast fashion. Harga murah, pergantian tren yang sangat cepat menciptakan konsumen menjadi lebih konsumtif. Sumber daya alam pun juga terkena imbas pencemaran lingkungan dari industri tekstil. Air terkotori dan emisi terbuang dalam distribusi pakaian menciptakan sumber daya insan dan alam dipastikan tidak sanggup lagi memenuhi sikap yang kian konsumtif.

Sumber foto: @iethicalfashion

Sebuah gerakan yang mendukung fair trade dan industri fashion yang sustainable khususnya Indonesia. IEF digagas oleh Indonesian Fashion Chamber yang bekerja sama dengan Traya Indonesia. Sejumlah 16 fashion show akan membawakan keragaman koleksi ready-to-wear yang berbasis pada konsep lokal, sustainable, dan ethical hasil karya desainer dan merk lokal dari aneka macam style. Tidak luput dari exibition (pameran dagang) dengan menghadirkan lebih dari 250 merk yang mempertemukan para kreator fashion di negeri ini dengan para customer dan buyer potensial dari aneka macam negara.

author
Penulis: 
    Perbedaan Antara Fashion, Fashionista, Dan Fashionable
    Perbedaan Antara Fashion, Fashionista, Dan Fashionable
    Pernah dengar istilah Fashion, Fashionista, dan Fashionable
    Mengenal Sosok Christian Dior
    Mengenal Sosok Christian Dior
     Siapa kah sosok berjulukan Christian Dior?  Dior
    Cara Gampang Memadukan Jeans Dan Kemeja
    Cara Gampang Memadukan Jeans Dan Kemeja
    Tren fashion hijab ketika ini udah semakin berkembang, mulai
    Trend Model Rambut Perempuan 2017
    Trend Model Rambut Perempuan 2017
      Bosen sama gaya rambut kau yang
    Indonesia Fashion Week 2017 Resmi Dibuka
    Indonesia Fashion Week 2017 Resmi Dibuka
    Ajang fashion bertema “Celebrations of Culture” ini akan digelar

    Komentar ditutup.

    Baca Juga×

    Top